- Advertisement -spot_img
HomeBeranda NasionalLomba Seni Religi Diminati Mahasiswa, Kemenag: Perlu Rutin Dilaksanakan

Lomba Seni Religi Diminati Mahasiswa, Kemenag: Perlu Rutin Dilaksanakan

- Advertisement -spot_img

Depok – Universitas Indonesia, Kementerian Agama, dan Kemendikbud Ristek menggelar Syiar Ramadan 1444H/2023M. Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus UI Depok mulai 3 – 9 April 2023 ini ramai diikuti mahasiswa yang berasal dari seluruh Indonesia.

Lomba Seni Religi, yang menjadi salah satu mata acara Syiar Ramadan, misalnya, diikuti oleh ratusan mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta (PTN/PTS) hingga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

“Peserta lomba kali ini berasal kampus-kampus yang ada di Indonesia, mulai Aceh sampai Papua, baik kampus negeri maupun swasta yang berada di bawah Kemendikbud maupun Kemenag. Ini menunjukkan tingginya animo mahasiswa terhadap event perlombaan ini,”ujar Pengarah Panitia Lomba Ahmad Sholechan, di Depok, Selasa (11/4/2023).

Hal ini mendapat tanggapan positif dari Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo. Menurutnya ajang semacam ini menjadi cara internalisasi nilai keberagamaan dan keberagaman di kalangan mahasiswa. “Kegiatan semacam ini perlu rutin kita laksanakan. Ini jadi sarana penanaman nilai-nilai moderat dalam kehidupan beragama,” ujar Wibowo.

Para mahasiswa aktif berpartisipasi dalam setiap lomba seni religi digelar seperti lomba cipta puisi religi, video pendek tentang tradisi puasa di Nusantara dan kaligrafi Arab. Penyair dan dramawan senior, Jose Rizaal Manua yang menjadi dewan juri menyatakan, tingginya animo mahasiswa terhadap Lomba Seni Religi merupakan fenomena yang menggembirakan.

“Ini surprise bagi kami, selama ini lomba-lomba yang menarik minat mahasiswa adalah lomba yang bersifat saint dan profesional. Seperti olimpade matematika, inovasi teknologi, kompetisi akuntansi dan sejenisnya. Ternyata minat mahasiswa di bidang seni budaya juga tinggi,” kataJose.

“Tampaknya kita perlu memperbanyak event lomba seni budaya di kalangan mahasiswa untuk menumbuhkan daya kreatif dan memberikan ruang ekspresi atas kreasi seni mahasiswa,” lanjut Jose.

Menanggapi harapan Jose, Kepala Makara Art Center UI (MAC UI), Ngatawi Al-Zastrouw, menyatakan bahwa MAC akan menjadikan event “Syiar Ramadhan Kampus UI” sebagai agenda tahunan.

“Kami ingin event Syiar Ramadan dijalankan secara rutin sebagai ajang adu kreatifitas mahasiswa di bidang seni budaya yang beruansa religi. Event seperti ini tidak saja menumbuhkan kreativitas seni mahasiswa, tetapi juga dapat membentuk sikap keagamaan yang moderat, toleran dan inklusif,” kata Zastrouw.

Selain lomba seni religi, dalam event ini juga ada beberapa kegiatan lain yaitu Sarasehan, Ngabuburit Budaya, Pameran Kaligrafi, Konsultasi Sertifikasi Halal dan Tadarus Seni yang menampilkan berbagai kesenian religi dari mahasiswa, komunitas seni dan para artis ibu kota.

Adapun pemenang Lomba Seni Religi, sebagai berikut:

Pemenang Lomba Cipta Puisi Religius:
1.Juara 1: Sarah Monica (Univ. Indonesia);
2.Juara 2: Muhammad Ade Putra (UGM);
3.Juara 3: Sandy Abdillah (UNM);
4.Juara Harapan 1: Muhammad Rohmad (Univ. INABA);
5.Juara Harapan 2: Muhammad Ulil Abror (STIKIP PGRI Trenggalek).

Pemenang Lomba Kaligrafi Arab;
1.Juara 1: Ahmad Nur Hafidh (UIN Malang);
2.Juara 2: Siroj Ibn Hajar Al-Anshori (UNS Solo);
3.Juara 3, Sady Abdullah (UNM),
4.Juara harapan 1, Kusuma Rini (UIN KHAS Jember);
5.Juara harapan 2, Suci Rahmadhani (Univ. Indonesia).

Pemenang Lomba Video Pendek:
1.Juara 1, Haniyyah Tafsha Syahidah (Univ. Indonesia);
2.Juara 2, tim Muhammad Maulana Ghofari (UIN Sunan Ampel Surabaya);
3.Juara 3, Tim Muhammad Irawan Saputra (UIN Sinan Kalaijaga Yogyakarta);
4.Juara Harapan 1, Rohmat Ridho Iiahi (UIN Ahmad Yunus Batu Sangkar);
5.Juara 2, harapan Tim Irfan Rahmadani (UIN Sultan Haji Muhammad Idris, Samarinda).

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
Must Read
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat ev depolama ev eşyası depolama istanbul eşya depolama yurtdışı kargo uluslararası kargo firmaları uluslararası kargo taşımacılığı uluslararası ev taşıma uluslararası eşya taşımacılığı uluslararası ev taşıma uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat
porn