- Advertisement -spot_img
HomeBeranda NasionalSubholding Pelindo, SMPT Resmi Operasikan 8 Terminal Baru dari Aceh hingga Nusa...

Subholding Pelindo, SMPT Resmi Operasikan 8 Terminal Baru dari Aceh hingga Nusa Tenggara

- Advertisement -spot_img

LOMBOK – Dalam rangka melaksanakan inisiatif strategis dan aksi strategis koporasi Subholding BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) terus memperluas jangkauan layanannya.

SPMT secara resmi melakukan serah terima operasi (STO) di delapan terminal dari Pelindo dengan kegiatan seremoni yang digelar secara hybrid dan dipusatkan di Terminal Gili Mas, Lombok pada Selasa, 1 Agustus 2023.

Delapan terminal tersebut di antaranya Malahayati dan Lhokseumawe di Aceh, Tanjung Emas di Jawa Tengah, Gresik di Jawa Timur, Lembar dan Badas di Nusa Tenggara Barat, serta Parepare dan Garongkong di Sulawesi Selatan.

Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal Yon Irawan dalam sambutannya mengungkapkan, bergabungnya 8 terminal ini akan semakin memperkuat SPMT dalam mencapai target kinerja di tahun 2023, dengan potensi besar yang dimiliki enam branch pelabuhan ini.

“Yang paling kita sering dengar tentang pelabuhan adalah biaya logistik yang masih bisa dioptimalkan lagi dengan mengurangi logistical cost dan nantinya akan menjadi lebih efisien, termasuk termasuk dalam aspek keselamatan. Tantangannya adalah bagaimana caranya meningkatkan produktivitas serta mengutamakan standar keselamatan kerja,” ungkap Yon Irawan.

Oleh karena itu, SMPT mengajak seluruh stakeholders kepelabuhanan untuk bersinergi menghadirkan pelayanan yang lebih baik.

“Kami berharap melalui pengelolaan terminal-terminal ini oleh SPMT, kami akan melakukan yang terbaik dan terus menggenjot transformasi pelabuhan, dan untuk itu, kami sangat mengharapkan masukan dari segala aspek,” sambung Yon.

Direktur Pengelola PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Putut Sri Muljanto menuturkan, serah terima operasi ini sebagai tanda untuk meneruskan langkah yang lebih baik, dan juga ke depannya akan ada penyerahan terminal lainnya yang akan dilakukan secara bertahap.

“Tugas kita saat ini adalah memperbaiki terminal yang dioperasikan oleh Pelindo, dan langkah selanjutnya adalah kita akan melakukan standarisasi terminal-terminal yang ada,” ucap Putut.

Sementara itu Komisaris Utama PT Pelindo Multi Terminal Darwanto mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada 8 terminal di 6 branch pelabuhan ini.

Ia berharap seluruh jajaran SPMT, termasuk anak perusahaan dan seluruh Branch untuk bersama-sama memberikan upaya maksimal guna memberikan kinerja terbaik, sehingga SPMT mampu menjadi business leader dalam industri kepelabuhanan nonpetikemas di Indonesia.

Dengan ini, SMPT secara resmi telah mengoperasikan sebanyak 16 branch pelabuhan. Di sisi lain, anak perusahaan SPMT, PT Pelabuhan Tanjung Priok mengelola 11 branch pelabuhan, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk yang mengelola 5 terminal, serta PT Terminal Curah Utama.

Serah terima operasi dari Pelindo ke SPMT ini merupakan bagian dari mewujudkan inisiatif strategis Perusahaan serta untuk memberikan pelayanan kepelabuhanan yang terbaik kepada Pengguna Jasa.

Saat ini SPMT memfokuskan layanan kepelabuhanannya pada pengelolaan terminal non-petikemas seperti terminal curah cair, curah kering, multipurpose, hingga terminal kendaraan, dan penumpang sesuai dengan misi perusahaan sebagai operator terminal multipurpose dengan menciptakan ekosistem yang memberikan nilai tambah.

Dalam praktiknya sebagai operator terminal pelabuhan, SPMT akan melakukan optimalisasi serta pengembangan terminal dengan beberapa cara, yaitu:

1. Melakukan konektivitas dengan terminal multipurpose lainnya;

2. Menerapkan best practices SOP pengelolaan terminal multipurposeOperation Excellence, peningkatan atau standarisasi aspek keamanan dan keselamatan; serta

3. Melakukan pelatihan operator bongkar muat yang tersertifikasi.

Kegiatan peresmian serah terima operasi 8 terminal di 6 branch pelabuhan dari Pelindo ke SPMT ini dihadiri oleh Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal Yon Irawan, Direktur Pengelola PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Putut Sri Muljanto, Dewan Komisaris dan Direksi PT Pelindo Multi Terminal, Direksi Anak Perusahaan, pimpinan Cabang, para pejabat dan seluruh jajaran karyawan/karyawati PT Pelindo Multi Terminal.

Kegiatan ini juga berlangsung secara Go Live di Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Badas, Pelabuhan Malahayati, Pelabuhan Lhokseumawe, Pelabuhan Tanjung Emas, Pelabuhan Gresik, dan Pelabuhan Parepare serta Pelabuhan Garongkong.

Secara simbolis kegiatan seremonial STO 8 terminal di 6 branch ini juga disertai pemberian santunan kepada anak yatim secara serentak di seluruh lokasi.

Selain itu, dilakukan juga penyerahan SK Alih Tugas dan APD SPMT kepada para struktural dan pegawai operasional masing-masing branch, dan ditutup dengan momen pemotongan dan doa bersama untuk kemajuan Perusahaan kedepannya.
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
Must Read
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat ev depolama ev eşyası depolama istanbul eşya depolama yurtdışı kargo uluslararası kargo firmaları uluslararası kargo taşımacılığı uluslararası ev taşıma uluslararası eşya taşımacılığı uluslararası ev taşıma uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat
porn