- Advertisement -spot_img
HomeBeranda NasionalSarapan hingga Zamzam 10 Liter, Surprise Haji 2023 yang Dirasakan Jemaah

Sarapan hingga Zamzam 10 Liter, Surprise Haji 2023 yang Dirasakan Jemaah

- Advertisement -spot_img

Denpasar — Roeli Winarni, jemaah asal Kota Denpasar Provinsi Bali ini mengaku banyak mendapat kejutan atau surprise pada penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M. Dia mengaku terkejut karena layanan yang diterima tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya.

Roeli Winarni tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 46 Embarkasi Surabaya (SUB 46). Sebelum berangkat, dia mengaku mendapat informasi ada banyak pengurangan layanan bagi jemaah haji 2023. Dia misalnya menyebut bahwa tahun ini jemaah tidak mendapat gelang identitas dan makan hanya dua kali sehari.

Padahal, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang harus dibayar jemaah lebih mahal. Teman-temannya yang berangkat pada 2022 juga mengatakan hal sama. Mereka cerita bahwa layanan haji saat itu sangat ena, makan tiga kali, dapat gelang identitas, dan biaya murah.

“Senior-senior haji kami banyak yang bilang, enakan masih jaman haji sebelum 2023: makan tiga kali, dapat gelang identitas, dan biaya murah,” kisahnya di Denpasar, Kamis (4/8/2023).

Hal itu, kata Roeli Winarni, sempat membuat dirinya berkecil hati. Namun, setelah berangkat ke Tanah Suci pada 11 Juni 2023, banyak kejutan yang Roeli Winarni rasakan. Surprise itu berawal dari embarkasi Surabaya, saat dirinya bersama jemaah yang lain mendapat gelang identitas. Tiba di hotel Makkah (603), pukul 06.25 waktu Arab Saudi (WAS), hidangan makan pagi juga telah siap dibagikan ke jemaah.

”Surprise banget, awalnya informasi tidak ada sarapan ternyata ada, awalnya tidak ada gelang identitas ternyata ada. Bahkan bukan hanya gelang, identitas kita juga kita pakai di kalung, di tas bagasi maupun tas kabin,” ujarnya ceria.

Bahkan, Roeli sampai memotret gelang identitas dan sarapan paginya untuk dikirimkan ke teman-temannya di tanah air yang pernah mengatakan bahwa jemaah haji tahun ini tidak mendapatkan keduanya. ”Ini lho, saya dapat gelang identitas dan dapat sarapan,” sebutnya.

Roeli makin girang menceritakan kejutan berikutnya. Itu terjadi saat dia mendengar sambutan Menag Yaqut Cholil Qoumas saat melepas kepulangan jemaah haji asal embarkasi Batam di Syisa-Makkah. Gus Men saat itu mengumumkan kebijakan bahwa setiap jemaah akan mendapatkan air zam-zam sebanyak 10 liter.

Kejutan ini juga dirasakan oleh Muhsinin, jemaah SUB 46 asal Denpasar Timur Bali, yang berangkat bersama Roeli Warni. Dia mengaku sangat surprise dan bahagia mendengar informasi bahwa jemaah mendapat air zam-zam lebih dari biasanya.

”Pemerintah memahami bahwa oleh-oleh jemaah haji yang dinanti-nanti ya air zam-zam. Jadi kami tak perlu lagi kucing-kucingan dengan petugas maupun pihak penerbangan untuk membawa air zam-zam di dalam koper,” tandasnya.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
Must Read
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat ev depolama ev eşyası depolama istanbul eşya depolama yurtdışı kargo uluslararası kargo firmaları uluslararası kargo taşımacılığı uluslararası ev taşıma uluslararası eşya taşımacılığı uluslararası ev taşıma uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat
porn