- Advertisement -spot_img
HomeBeranda Politik & PemerintahanPemerintah Fiji dan RI Resmikan Queen Victoria School: Sekolah Para Pemimpin Fiji...

Pemerintah Fiji dan RI Resmikan Queen Victoria School: Sekolah Para Pemimpin Fiji di Lawaki

- Advertisement -spot_img

Suva, Fiji – Kota Lawaki, Provinsi Tailevu, Fiji, menjadi saksi sejarah baru perjalanan hubungan bilateral Indonesia dan Fiji hari ini (03/08).  Lembaran sejarah baru kedua negara ditandai dengan peresmian Queen Victoria School oleh Hon. Aseri Radrodro, Menteri Pendidikan Fiji  dan Duta Besar Teuku Faizasyah, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI. ​

Secara simbolis, seremoni peresmian disertai dengan serah terima QVS  oleh Duta Besar Teuku Faizasyah kepada Hon. Aseri Radrodro sebagai wujud kontribusi Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah Fiji, khususnya dalam bidang pendidikan. Turut menyaksikan acara peresmian Direktur Utama LDKPI Tormarbulang Lumbantobing, Duta Besar Fiji untuk Indonesia Amenatave Yauvoli, dan KUAI Indonesia untuk Fiji Mayuzar Adamy.

Hon. Aseri Radrodro, menyampaikan apresiasi atas kontribusi Pemerintah Indonesia, tidak hanya pada rehabilitasi QVS, tetapi atas dukungan Indonesia dalam pembangunan Fiji. “QVS merupakan almamater saya dan merupakan  hal yang sangat berarti untuk dapat menyaksikan komitmen Pemerintah Fiji dalam pembangunan di sektor pendidikan yang didukung oleh Pemerintah Indonesia dalam rehabilitasi Asrama dan Gedung QVS melalui program “Adopt a School, “ jelas  Hon. Aseri Radrodro.

“Bantuan Pemerintah RI untuk rehabilitasi Queen Victoria School adalah bentuk komitmen Indonesia untuk pembangunan di Fiji, khususnya dalam bidang pendidikan. Saya berharap, Queen Victoria School dapat terus menghasilkan alumni-alumni yang akan menjadi pemimpin masa depan Fiji”,  ujar Duta Besar Teuku Faizasyah.

Pembukaan tirai penutup prasasti menandai peresmian QVS oleh Hon. Aseri Radrodro (mewakili Pemerintah Fiji) dan Duta Besar Teuku Faizasyah (mewakili Pemerintah RI) mencerminkan kerja sama Indonesia dan Fiji yang semakin erat dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di sektor pendidikan.  Acara Peresmian juga  dihadiri oleh para pejabat tinggi dari Kementerian Pendidikan dan Kementerian Luar Negeri Fiji. Delegasi RI yang turut hadir  dalam peresmian adalah Kedutaan Besar RI di Suva, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional dan Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional.

QVS berdiri sejak tahun 1906. Dalam sejarah perjalanan QVS sebagai lembaga pendidikan dasar, tercatat sekolah ini telah menghasilkan alumni-alumni yang menjadi pejabat pemerintahan dan tokoh-tokoh politik Fiji. Kedepannya diharapkan kerja sama Indonesia dan Fiji di bidang pendidikan dan bidang terkait lainnya dapat terus ditingkatkan. Pemerintah RI  memberikan bantuan rehabilitasi atas bangunan dan asrama QVS  yang hancur akibat badai Siklon Winston pada tahun 2016 melalui program “Adopt a School” Pemerintah Fiji.

Terselesaikannya rehabilitasi QVS atas kontribusi Indonesia semakin memperkuat postur Nusantara sebagai mitra pembangunan di kawasan Pasifik. Hal ini sejalan dengan visi Pacific Elevation yang bertujuan untuk meningkatkan kehadiran Indonesia di kawasan Pasifik.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
Must Read
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat ev depolama ev eşyası depolama istanbul eşya depolama yurtdışı kargo uluslararası kargo firmaları uluslararası kargo taşımacılığı uluslararası ev taşıma uluslararası eşya taşımacılığı uluslararası ev taşıma uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat
porn