- Advertisement -spot_img
HomeBeranda PeristiwaOptimalkan Kinerja, Mensos Petakan Kompetensi Pegawai Kemensos

Optimalkan Kinerja, Mensos Petakan Kompetensi Pegawai Kemensos

- Advertisement -spot_img
BANDUNG – Tingginya dinamika dan kompleksitas permasalahan sosial menuntut setiap profesi lebih adaptif, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Kompetensi ASN menjadi kunci menjawab tantangan ini lantaran kompetensi ASN berpengaruh terhadap kinerja organisasi jika tidak dikembangkan.
 
Untuk megoptimalkan kinerja tersebut, Menteri Sosial Tri Rismaharini memetakan kompetensi pegawai melalui kegiatan talent pool bagi ASN di lingkungan Kementerian Sosial yang tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatan ini difasilitasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).
 
“Terima kasih kepada BKN yang memberikan ruang kepada Kemensos untuk bagaimana kami memetakan dan memilih calon-calon pemimpin yang bisa dinilai, bukan berdasarkan kedekatan, namun profesionalitas dan kemampuan teknis,” kata Mensos saat membuka kegiatan talent pool di Bandung melalui sambungan virtual, Senin (28/8).
 
Menurutnya, tugas utama Kemensos berkaitan erat dengan pelayanan kepada masyarakat Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), “Sehingga hal utama yang harus dimiliki ASN Kemensos adalah niat baik dan kemampuan menjadi abdi negara, abdi masyarakat, sesuai dengan sumpah ASN,” ucapnya lugas.
 
Kegiatan talent pool berbasis Computer Assisted Competency Test (CACT) atau test kompetensi berbasis komputer ini dilakukan untuk menilai sejauh mana kemampuan dan pengetahuan ASN dalam berbagai bidang tugas atau pekerjaan tertentu dengan tujuan mendapatkan profil kompetensi setiap ASN.
 
Risma mengatakan talent pool dengan metode CACT memudahkannya dalam melihat potensi tersembunyi dari keseluruhan pegawai di lingkungan Kemensos yang tersebar di seluruh Indonesia.
 
“Ini sangat memudahkan bagi saya untuk melihat potensi-potensi yang mungkin jauh dari jangkauan saya supaya saya bisa bersikap adil menjadi pemimpin, tidak melihat dia siapa dan darimana, tapi berdasarkan kemampuan dari hasil tes,” katanya.
 
Secara virtual, Risma pun memberi motivasi pada pegawai UPT Kemensos sebelum memulai tes yang akan berlangsung selama empat jam tanpa jeda itu.
 
“Untuk teman-teman semua, selamat mengerjakan talent pool. Berikan kemampuan terbaik dan yakinlah bahwa ini untuk kepentingan dan kebaikan teman-teman juga,” katanya.
 
Sementara itu, Sekretaris Utama BKN Irma Sukmariah menjabarkan data profil kompetensi yang akan diperoleh dari pelaksanaan CACT-BKN terdiri dari tes manajerial dan sosial kultural, tes literasi digital dan tes emerging skills (potensi).
 
Data profil kompetensi tersebut, dijelaskan Irma, akan disampaikan kepada Mensos untuk keperluan pengembangan kompetensi para pegawai, yang nantinya akan duduk sebagai pejabat sesuai dengan potensi yang dibutuhkan di Kemensos. Kemudian, data ini akan diintegrasikan pada Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg).
 
“Nah, ini digunakan sebagai data dukung dalam pengambilan keputusan untuk penentuan pengembangan karir ASN. Tujuan akhirnya ya mengoptimalkan kinerja, terutama dengan tugas yang begitu banyak diemban Kemensos,” kata Irma.
 
Irma pun berharap data tersebut mampu mempercepat proses kepastian karir dari para pegawai di lingkungan Kemensos dan mempercepat suksesi planning.
 
“Tentunya, juga tetap didukung oleh kinerja pegawai yang bersangkutan. Jadi, data ini bukan semata menjadi sumber utama, namun kinerja dan rekam jejak para pegawai yang melakukan tes, juga tetap perlu menjadi pertimbangan tersendiri,” ujarnya.
 
Pada kesempatan ini, talent pool dilakukan secara serentak bagi 297 ASN Kemensos di BBPPKS Bandung, Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung, Sentra “Wyata Guna” di Bandung dan Sentra “Abiyoso” di Cimahi bertempat di Kantor Regional III BKN Bandung selama tiga hari, sejak Senin (28/8) hingga Rabu (30/8).
 
Adapun, 34 ASN Sentra “Mahatmiya” di Bali dan 29 ASN Sentra “Darussa’adah” di Aceh Besar juga mulai melaksanakan tes di hari yang sama dengan UPT Kemensos di Bandung, masing-masing bertempat di Kantor Regional X BKN Denpasar dan Kantor Regional XIII BKN Banda Aceh. Talent pool di Bali dan Aceh berlangsung selama dua hari, yakni Senin (28/8) dan berakhir pada Selasa (29/8).
 
Pada periode sebelumnya, talent pool telah dilaksanakan terhadap seluruh pegawai ASN Kemensos di kantor pusat dan UPT di Jakarta, Bekasi, Bogor, serta Sukabumi pada November 2022 lalu. Sedangkan, UPT Kemensos di beberapa daerah lainnya menyusul dilaksanakan pada periode Agustus-September 2023.
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
Must Read
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat ev depolama ev eşyası depolama istanbul eşya depolama yurtdışı kargo uluslararası kargo firmaları uluslararası kargo taşımacılığı uluslararası ev taşıma uluslararası eşya taşımacılığı uluslararası ev taşıma uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat
porn