- Advertisement -spot_img
HomeBeranda InternasionalPartisipasi Indonesia dalam Kompetisi Robot Asia-Pasifik 2023 ABU Robocon di Kamboja

Partisipasi Indonesia dalam Kompetisi Robot Asia-Pasifik 2023 ABU Robocon di Kamboja

- Advertisement -spot_img

Phnom Penh, Kamboja – Kompetisi ABU Asia-Pacific Robot Contest (ABU Robocon) 2023 telah diselenggarakan di Stadion Morodok Techo, Kamboja (27/08). Kompetisi ini diikuti oleh 14 Tim Universitas/Politeknik dari 12 Negara, yakni Kamboja, Tiongkok (China dan Hongkong-China), Mesir, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Mongolia, Nepal, Sri Lanka, Thailand, dan Vietnam.

Mewakili Indonesia, Tim dari Politeknik Elektronika Negeri Surabya (PENS) berjumlah empat belas orang mahasiswa dan tiga dosen pembimbing. PENS terpilih sebagai pemenang tingkat nasional di Indonesia setelah melewati kompetisi yang sangat ketat sebelum ke Kamboja.

Tujuan kompetisi ABU Robocon adalah untuk mencari kejuaraan tahunan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari berbagai negara untuk menunjukkan kebolehan dan kemampuan teknologinya serta dapat berbagi pengalaman dari kalangan generasi muda.

Televisi Nasional Kamboja (TVK) menjadi tuan rumah untuk pertama kali pada penyelenggaraan Kompetisi ABU Robocon 2023. ABU Robocon merupakan kompetisi robot perguruan tinggi Asia-Oseania, yang didirikan pada 2002 oleh Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU). Dalam kompetisi ini, robot akan bersaing menyelesaikan suatu tugas dalam jangka waktu tertentu.

Menteri Penerangan Kamboja Mr Neth Pheaktra dalam sambutannya menegaskan, kegiatan ini telah memberikan kesempatan bagi mahasiswa tunjukkan kemampuan teknologinya, serta dapat berbagi pengalaman serta menampilkan keberagaman budayanya. Mr Neth juga mengatakan bahwa kompetisi ini akan menunjukkan kemajuan teknologi robot Kamboja.

Mr. Pang Shaman, Direktur Robocon Kamboja sebagai penyelenggara kegiatan dalam sambutannya mengatakan, kompetisi 2023 mengusung thema “Casting flowers over Angkor Wat” and “Throwing rings into poles”. Dalam kompetisi ini, setiap tim mengharuskan sepasang robot menyelesaikan tugasnya dalam jangka waktu tertentu, yang dimaknai untuk memajukan teknologi teknik dan penyiaran di wilayah tersebut, dan untuk membina persahabatan di antara generasi muda yang memiliki minat yang sama.

Dalam babak penyisihan, pertandingan pertama Indonesia dikalahkan oleh Malaysia, namun pada kesempatan ke-2 melawan Mongolia dapat dimenangkan Indonesia dengan skor cukup signifikan, sehingga membawanya masuk ke peringkat delapan final melawan Hongkong-China. Tetapi sayangnya Tim PENS dari Indonesia belum beruntung mendaptkan kemenangan pada kompetisi ABU Robocon tahun 2023, berharap lebih baik pada 2024 di Vietnam.

Adapun hasil akhir kompetisi menunjukkan Jepang menjadi pemenang pertama ABU Robocon 2023, disusul Hong Kong-China sebagai the first runner-up, sedangkan China dan Vietnam menempati peringkat ketiga yaitu the second runner-up.

Disela-sela acara berlangsung, pada kesempatan tersebut Kamboja telah serah-terimakan bendera ABU Robocon 2024 kepada Vietnam yang akan menjadi tuan rumah pada tahun depan.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
Must Read
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat ev depolama ev eşyası depolama istanbul eşya depolama yurtdışı kargo uluslararası kargo firmaları uluslararası kargo taşımacılığı uluslararası ev taşıma uluslararası eşya taşımacılığı uluslararası ev taşıma uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat
porn